CARA BACKUP AKTIVASI WINDOWS 8 DAN/ MICROSOFT OFFICE 2013 GENUINE




Assalamualaikum wr.wb
Selamat sore pembaca, Kali ini saya berbagi pengetahuan saja yang mungkin bermanfaat bagi teman-teman. Bila anda membeli Laptop/PC dan mendapat bawaan OS entah windows 7 atau windows 8 asli, anda pasti akan sangat berhati-hati untuk menjaganya. Akan tetapi dengan seiringnya penggunaan dan waktu, hal-hal semacam hang, Virus, Lola, Not responding kebangeten, blue screen, mungkin saja terjadi. Hal demikian mengharuskan anda untuk Instal OS baru lagi. Pasti sayang kan, kalau keluar uang untuk Instal OS yang resmi/ asli lagi. Namun bila anda mau2 saja menggunakan OS bajakan yang terdapat di rental-rental/ menggunakan activator, itu terserah anda. Akan tetapi pasti ingin tetap genuine dengan berbagai macam alasan. Nah untuk mencegah hal tersebut terjadi. Saya di sini ingin berbagi sedikit tips untuk menghindari instal ulang dengan biaya berlebih (untuk instal OS asli) atau mempertahankan ke genuine an OS anda.
Pada pembahasannya, saya hanya ingin membagi tips untuk pengguna windows 7 dan windows 8, karena saya hanya pernah menggunakan cara ini pada kedua OS tersebut.

Sebelumnya saya himbau untuk menghindari pertanyaan2 tentang ke genuine-an windows 7/8 anda.
Windows Ori didapat dengan mengisikan Serial number dari toko pembelian Windows atau diaktifkan dengan menelepon perusahaan raksasa Microsoft untuk mendapatkan serial Key dengan MAK yang valid.

Untuk mengecek keaslian windows lakukan cara berikut.
1. Buka Cmd (run as administrator)
2. ketik sfc /scannow
Jika muncul gambar di bawah berarti windows anda asli


3. Ketik slmgr /dlv
   Apabila pada kotak dialog Windows script Host, pada License status tertulis "Licensed" maka OS anda asli.
4. Ketik slmgr -xpr, dan muncul kotak dialog dari windows script host yang bertuliskan "Your machine is permanently activated" maka windows anda Genuine.

Nah sekarang langsung ke caranya. Ada 2 cara, tanpa software dan menggunakan software.

CARA 1

1. Buka C:\Windows\System32\spp akan terdapat folder "store" di sana yang berisi folder cache, data.dat (hidden), dan token.dat.

2. Copy Folder "Store" tersebut lalu simpan baik-baik entah di Flashdisk/Online store/ HDD D: atau E: terserah, yang penting dianggap aman. (PENTING : ANDA TIDAK AKAN BISA MENG-COPY-PASTE FOLDER "STORE" JIKA ANDA MENGGUNAKAN "TERA COPY" ATAU SOFTWARE COPY PASTE SEJENISNYA, UNTUK ITU, DIUNINSTALL TERLEBIH DAHULU ATAU DI DISABLE)

3.Ketika anda suatu saat harus instal OS lagi, jangan gunakan serial key apapun. atau jika sudah terlanjur memasukkan. Hapus dengan CMD (run as admin) dengan mengetik slmgr /upk .

4. Copy paste folder "store" ke dalam C:\Windows\System32\spp untuk menggantikan folder "store" hasil installasi (INGAT SAAT COPAS JANGAN PAKAI TERA COPY DSB)

5. Selesai, Windows anda akan activated lagi.

Cara 2
1. Download software Advanced Token Manager di 


Download Advance Token Manager 1.7MB from http://www.joshcellsoftwares.com/2011/09/AdvancedTokensManager.html
atau

[Mirror] Download Advance Token Manager 1.7MB FREE !!


2. Extract .rar nya lalu buka aplikasi dengan run as admin

secara otomatis ATM akan mendeteksi Activation Windows dan Office anda. Lalu ketik Activation Backup. Jika gagal, berarti anda mengaktifkan Windows dan/Office anda dengan MAK. Maka anda harus memasukkan MAK nya lagi, karena MAK meng-hide Product key, dan hanya menampakkan 5 digit terakhirnya. (Jadi kalau Aktivasi menggunakan MAK Key nya disimpan termasuk MAK buat Office 2013)

3. Ketika suatu saat anda instal ulang, anda tinggal buka ATM tadi, lalu buka dengan "run as administrator" lagi. Lalu klik Activation Restore. seperti gambar di bawah :

























4. Selesai, dan Windows 7/8 anda kembali menjadi genuine. Hehe, sekarang bukan jamannya takut instal ulang..


Catatan: Kedua cara tersebut tidak berlaku jika

1. Jenis OSnya berbeda, misal anda dulu menggunakan Win 7 Home starter, lalu upgrade ke Win 7 Professional, maka cara tersebut akan gagal, jadi harus benar2 sama OS nya.

2. Tidak bisa digunakan jika anda upgrade Hardware PC/Laptop anda.
misal:sebelumnya RAM anda 2GB, lalu anda upgrade menjadi 8GB. Maka pasti akan gagal.

3. Tidak bisa dilakukan di PC/Laptop lain karena ke-genuine-an mendeteksi Software (OS) serta Hardware anda.

4. Jangan masukkan serial key/product key saat instal ulang.

Demikian cara backup aktivasi genuine windows 7/8. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan memberi pengetahuan yang bermanfaat bagi kita.

Wassalamualaikum wr wb.

Category:

2 komentar :

  1. terimakasih banyak sob, sangat membantu sekali..

    BalasHapus
  2. permisi . pc saya windowsnya banyak yg error , bisa tidakya copy dari pc lain windowsnya

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak maka anda akan disegani dan dihormati. Terimakasih sudah menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti.

Diberdayakan oleh Blogger.