PILIH HACKINTOSH (Mac OSX) Atau Stay di WINDOWS XP/7/8 ?

Assalamualaikum wr.wb,

Kali ini saya tidak sedang berbagi software atau film, tapi pengetahuan, yang mungkin bermanfaat bagi kawan-kawan yang pingin nyobain OS nya si "Apple Inc." dengan cara Hackintosh atau metode penginstallan Machintosh / Mac OSX di PC atau Laptop non-apple :)

Seperti yang kita tahu, pesona mac OSx tersebut memang mantap jika dibandingkan OS lainnya (bukan menurunkan derajat OS lain, hanya secara grafis memang tampilan memukau). Tapi, sayangnya bagi para manusia yang ber-uang saku sedang2 saja semacam saya ini, kalau mau buat beli Laptop/CPu Apple rasanya juga buang2 duit sih. Terus solusinya bagi yang ngebet banget ya lari ke HACKINTOSH. Hackintosh sendiri sekarang sudah sangat menjamur, di jogja bahkan sudah jadi trend dan harganya juga relatif murah. DVD mac osx+bootloader kira2 sekiar Rp35.000 sampai Rp 75.000 tergantung versi dari mac nya sendiri. Kalau mau sekalian diinstalkan sekitar Rp105.000-Rp175.000. Kalau pingin hemat ya browse sana sini cari materi lewat blogspot tentang instalasinya+download file nya yang size nya sekitar 4.3GB. Nah permasalahannya di sini, apa tujuan agan pake Mac OSX? Biar keliatan gaul atau gaya atau keren bisa nge-hack tingkat tinggi di depan teman-teman agan?

Nah kalau kita cermati, kita sendiri jadi bingung, saya yang pengguna asus seri A43S system model K43SD juga pernah terpikir buat HACKINTOSH tapi kemudian dibingungkan sendiri oleh pertanyaan saya sendiri itu. UNTUK APA??
Untuk menjawab pertanyaan semacam itu, mari kita analisis (Hehe bahasanya sok scientific) keuntungan dan kerugian menggunakan MACHINTOS di PC/Laptop kita yang non-apple.

Keuntungan:
1. Gaya, Jelas, pemakai Mac OSX otomatically akan tampak keren di hadapan laptop kawan2 yang lain, yang notabenenya pemakai "Jendela 7" atau "Jendela XP" karena akan kelihatan asing, dan yang lebih asik lagi. Ngeliat raut muka temen2 yang terkagum heran.

2. Kebal virus. Loh siapa bilang Mac OSx kebal virus, semua OS pasti ada virus creatornya, kalau nggak, ya antivirus ga laku dong. Hhe. Mungkin maksud Kebal virus di sini, gini kasusnya, rata-rata kawanan agan sekalian baik berupa Mahasiswa/i atau pelajar SMA kan laptopnya pake OS "Jendela 7" atau "Jendela XP" yang lebih keren sekarang "Jendela kaca mata kuda (8)", jadi virus yang biasa ada di laptop kawan-kawan ya cuma bisa nyerang sistem OS mereka, jadi kalo asal tancap flashdisk dan colok sana sini, kaya nya aman-aman aja sih dan emang aman kalo pake Machintosh karena virus nggak akan aktif atau bekerja di OS anda.



3.Nggak malu2in biar kata laptop cuma Asu-s tapi OS Mantep
4. Bikin temen-temen yang awam sama Mac jadi bingung make Laptop kita terus minta diajarin, hhe. Kalau ini mah cuma cari popularitas+perhatian sesaat.







Sampe di situ dulu kelebihannya, Sekarang analisis kekurangannya yuk:

1. Ada jenis Laptop yang belum compatible dengan OS ini, jadi mungkin fitur Wireless, trackpad, bluetooth nya ga kedetect atau kedetect tapi ga jalan. Bagi yang compatible ya syukur deh ngucap Hamdallah dulu, kaya Laptop saya yang lolos requirements. hahhahahhah

2. Gak support aplikasi-aplikasi windows. Yup memang benar, rata-rata aplikasi yang ditawarkan baik di rentalan Disc maupun di internet hanya support OS Jendela atau Windows. Ini yang dikhawatirkan para pengguna Machintosh, mereka akan lebih memilih buat dual Boot Mac+Windows agar tetap bisa menjalankan aplikasi yang ga jalan di Mac. Contohnya Ms Office 2013 yang super duper kece+gampang dicrack. Pengguna Mac harus merelakan untuk tidak menggunakan aplikasi vendor microsoft yang terbaru ini dan memakai Microsoft office 2011 for mac. Atau kalau tetap "Ngeyel" ya pakai software "Crossover" buat bisa jalanin aplikasi Windows (sama aja ujung-ujungnya juga pake aplikasi windows, Mac nya cuma buat jilbab.. eh maksud saya tampilan luar).

3.

TIDAK BISA MENJALANKAN GAME PC SETARA XBOX 360 atau PS3. Sayang sekali, bagi para gamers, termasuk saya yang biasanya gamers tsb dari kalangan pelajar SMA atau mahasiswa,  jika menggunakan Machintosh, kita harus merelakan game-game terbaru yang keren-keren nan sayang buat ditinggalkan, soalnya di rentalan, game-game tsb FOR WINDOWS dan memang only FOR WINDOWS support WINDOWS dari vendornya, terutama si UBISOFT tu yang ngeluarin game-game keren. Dan sekali lagi para Machintosh yang merupakan gamers, kalau ngeyel ya download "Crossover for game" buat ngejalanin game dan atau ngatur Laptop/PC mereka jadi Dual Boot, Sekali lagi pake jilbab yang tadi... eh maksud saya Machintosh nya cuma buat tampilan luar, tapi dalemnya tetep aplikasi Windows.


Nah cukup sekian aja kita lihat dari sisi Untung-rugi pake Hackintosh di Laptop/PC kita. Karena pada dasarnya, alasan kenapa kita pake suatu OS ya karena kita butuh fitur-fiturnya, keunggulan, keuntungan dan kebutuhannya. Jangan terlalu dipaksakan karena PASAR mengecam suatu OS sebagai Dewa yang perlu diikuti. Saya akhirnya memutuskan untuk tidak menginstal Machintosh, meskipun saya tinggal di jogja, dan tetap stay di JENDELA KACAMATA KUDA saya, eh maksudnya WINDOWS 8 PRO. Tetapi, saya juga tidak menyalahkan atau berargumen negatif kepada kawan-kawan pengguna HACKINTOSH, karena selain itu memang hak anda untuk menggunakan ya, memang saya akui MAC Tampilannya sangat keren, pake banget malah. Ya kembali lagi, saya tidak hanya melihat dari segi tampilan tapi fungsinya, terutama untuk Hobi saya yaitu nge-game. Meskipun kekurangan JENDELA yaitu gampang terkena virus, semua pasti ada kelebihan dan kekurangannya.
Tapi bagi kawan-kawan yang ingin tampilan Mac OSX tanpa harus instal Mac karena spec PC/Laptop yang tidak mendukung bisa cari alternatif dengan menggunakan Skin pack, sudah support Windows 8 juga di webnya www.skinpacks.com

Saya sendiri pakai Skin pack, namun tidak full skin pack atau MAC OSX.
Saya hanya menggunakan Rocketdock, Uber Icon, Desk Drive, standalonestack2, shutoff dan Icon packager yang semuanya saya download satu persatu secara gratis untuk mempercantik tampilan JENDELA 8 saya.

Berikut screenshots dari tampilan windows 8 saya:









Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat dan harapannya, semoga sobat bisa memilih dengan bijak mana yang perlu dan mana yang tidak.
Wassalamualaikum wr.wb

Category:

5 komentar :

  1. laptop kita sama gan , ane mau coba hackntosh nih :D

    BalasHapus
  2. Kalo laptop hp probook 4431s bisa support gak gan..??!

    BalasHapus
  3. Kalo laptop hp probook 4431s bisa support gak gan..??!

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas informasinya. Silahkan berkunjung ke blog saya dan baca artikel yang berjudul Hackintosh

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak maka anda akan disegani dan dihormati. Terimakasih sudah menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti.

Diberdayakan oleh Blogger.